Buscar

banyak dollar di sini

Pengertian wirausaha

wirausaha adalah untuk menerapkan kemampuan pada diri masing-masing, sehingga manusia yang memiliki kemampuanya dapat berguna bagi orang-orang disekelilingnya, dan suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas.


Wirausaha yang artinya bekerja di luar kerja. Bekerja merupakan salah aktifitas yang kita lakukan untuk memperoleh penghasialan,
Jadi untuk memperjelas apa itu wirausaha makan ada beberapa para ahli yang membuat pernyataan:

1. Andrew J Dubrin
    Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).
2. Kasmir (2006)
    Wirausaha adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan.
3. Joseph Schumpeter (1934)
    Wirausahawan adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar     melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk:
        (1) memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru,
        (2) memperkenalkan metoda produksi baru,
        (3) membuka pasar yang baru (new market),
        (4) Memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru, atau
        (5) menjalankan organisasi baru pada suatu industri. Schumpeter mengkaitkan wirausaha dengan konsep     inovasi yang diterapkan dalam konteks bisnis serta mengkaitkannya dengan kombinasi sumber daya.
4. Israel Kirzner (1979)
    Wirausahawan mengenali dan bertindak terhadap peluang pasar. Entrepreneurship Center at Miami                 University of Ohio: Kewirausahaan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi     ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.
5. Soeharto Prawiro, 1997.
    Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan                 perkembangan usaha (venture growth).
6. Thomas W Zimmerer
     Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan             upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
7. Jean Baptista Say (1816)
    Seorang wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan menemukan nilai dari     produksinya.
8. Peter F Drucker
    Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) .
9. Acmad Sanusi, 1994
    Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya,             tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.
10. Harvey Leibenstein (1968, 1979)
    Kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan         perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen     fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.
11. Raymond, (1995)
    Wirausaha adalah orang yang kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkanya untuk meningkatkan                 kesejahteraan diri masyarakat dan lingkungan.
12. Robbin & Coulter
    Kewirausahaan adalah proses dimana seorang individu atau kelompok individu menggunakan upaya             terorganisir dan sarana untuk mencari peluang untuk menciptakan nilai dan tumbuh dengan memenuhi             keinginan dan kebutuhan melalui inovasi dan keunikan, tidak peduli apa sumber daya yang saat ini                 dikendalikan
13. Penrose (1963)
      Kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Kapasitas           atau kemampuan manajerial berbeda dengan kapasitas kewirausahaan.

referensi

http://putracenter.net/2008/12/23/definisi-kewirausahaan-entrepreneurship-menurut-para-ahli/

http://arina.host22.com/Pengertian_Wira_Usaha.html

buku pintar TEORI EKONOMI
oleh marshall Green & Eddy Soetrisno
penerbit INTIMEDIA

0 komentar: